Home / Tips Sehat / 10 Akibat Kekurangan Vitamin E bagi Tubuh

10 Akibat Kekurangan Vitamin E bagi Tubuh

10 Akibat Kekurangan Vitamin E bagi Tubuh

Akibat dari kekurangan vitamin E bagi tubuh sangat penting untuk diketahui karena vitamin ini sangat berguna bagi berbagai fungsi yang dilakukan tubuh Anda. Vitamin ini adalah jenis yang larut menggunakan lemak. Selain itu vitamin E juga merupakan takoferol karena kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya sangat tinggi. Karena itulah vitamin ini juga sangat essential bagi tubuh Anda. Tentunya jika tubuh tidak mendapatkan jumlah yang cukup ada beberapa akibat yang terjadi, berikut diantaranya.

  1. Kulit kering

Vitamin E memiliki fungsi untuk memberikan nutrisi pada kulit, karena itulah banyak produk kecantikan untuk kulit juga mengandung vitamin yang satu ini. Jika tubuh Anda tidak mendapatkan jumlah vitamin E yang cukup maka akan menyebabkan kulit menjadi kering sehingga terlihat pecah-pecah.

  1. Rambut rontok

Selain menjaga kesehatan kulit, ternyata vitamin E juga berperan dalam menjaga kesehatan rambut. Karena itulah ciri kekurangan vitamin E yang bisa diperhatikan adalah rontoknya rambut.

  1. Kram kaki

Kekurangan vitamin ini dapat mengakibatkan kaki menjadi kram terutama setelah melakukan kegiatan fisik seperti angkat beban atau olahraga lain.

  1. Aterosklerosis

Jika kekurangan terjadi pada anak-anak maka dapat menyebabkan resiko untuk terjadinya aterosklerosis menjadi meningkat.

  1. Gangguan kesuburan

Vitamin E juga berperan penting bagi kesehatan reproduksi Anda, karena itulah kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kesuburan menjadi terganggu. Bahkan pada tingkat yang cukup parah dapat menyebabkan masalah infertilitas serta gangguan pada janin.

  1. Kanker

Vitamin E yang ternyata juga berperan sebagai antioksidan yang cukup kuat. Antioksidan ini berfungsi untuk melawan efek yang disebabkan oleh radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit seperti kanker. Jika tubuh mengalami defisiensi vitamin E maka resiko terjadinya penyakit kanker pun menjadi meningkat.

  1. Antibodi melemah

Ternyata selenium yang ada di dalam vitamin E juga digunakan dalam membentuk antibodi bagi tubuh yang berperan untuk melawan kuman, virus maupun bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit. Jadi jika tubuh tidak mendapatkan cukup vitamin ini maka antibodi akan melemah dan Anda jadi mudah terkena penyakit.

  1. Anemia dan kerusakan darah merah

Vitamin E ternyata juga digunakan dalam pembangunan sel dari darah merah. Karena itulah defisit vitamin ini dapat menyebabkan kerusakan pada darah merah yang menjadi terbelah. Bahkan karena pembangunannya terganggu, maka jumlah sel darah tersebut menjadi berkurang sehingga dapat menyebabkan terjadinya anemia serta penyakit lain yang lebih serius.

  1. Terhambatnya perkembangan anak

Jika kekurangan vitamin ini terjadi pada anak maka akan mengakibatkan terhambatnya perkembangan mereka. Terlebih karena anak harus mendapatkan asupan semua nutrisi termasuk vitamin E ini dalam perkembangannya. Beberapa gangguan perkembangan yang dapat terjadi diantaranya otot menjadi lemah, penyerapan usus menjadi terganggu, menurunnya refleks, serta meningkatnya resiko terjadinya kelainan saraf.

  1. Kerusakan pada sistem saraf dan otot

Sistem saraf serta otot membutuhkan nutrisi yang dibawa oleh sel darah merah. Namun dengan kekurangan vitamin E mengakibatkan system saraf serta otot tidak mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga meningkatkan resiko terjadinya kerusakan.

Demikianlah 10 akibat kekurangan vitamin E bagi tubuh yang tentunya harus diwaspadai agar tidak menyebabkan penyakit yang jauh lebih serius. Caranya adalah dengan memastikan tubuh selalu mendapatkan jumlah vitamin E yang mencukupi karena nutrisi ini sangat vital.

Check Also

Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami

Gangguan pada sistem pencernaan adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami manusia. Ada banyak ...