Home / Penyakit / Cara Mengatasi Diabetes yang Bisa Anda Lakukan Setiap Hari

Cara Mengatasi Diabetes yang Bisa Anda Lakukan Setiap Hari

Untuk link building minimal umur domain 3 minggu gan, karena idealnya situs belum berumur 3 minggu akan kurang natural sudah ada yang link ke situs agan.

Salah satu hal yang sangat mengganggu penampilan seseorang adalah perut buncit. Ya, memiliki perut yang buncit memang sering kali membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Selain dapat mengurangi rasa percaya diri, perut buncit ternyata juga cukup berbahaya bagi kesehatan.

Hal ini disebabkan karena memiliki perut buncit dikhawatirkan akan lebih rentan terkena penyakit diabetes. Lalu, apakah benar orang dengan buncit berisiko kena diabetes? Pertanyaan ini pun banyak dipertanyakan oleh orang-orang yang memiliki perut buncit. Hal ini disebabkan karena mereka tentunya tidak ingin terkena oleh penyakit yang cukup berbahaya tersebut.

Perut yang buncit menunjukkan bahwa adanya lemak dengan jumlah yang berlebihan di dalam perut.

Hal ini sering disebut dengan obesitas sentral. Kondisi yang demikian dapat terjadi karena seseorang memiliki kebiasaan atau pola hidup yang buruk.

Inilah Kebiasaan Buruk Penyebab Diabetes

Beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan perut menjadi buncit di antaranya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans secara berlebihan, pola tidur yang kurang baik, tidak banyak bergerak, serta mengonsumsi minuman beralkohol.

1. Alkohol

Mengonsumsi alkohol memang dapat menyebabkan penimbunan lemak karena alkohol sendiri merupakan senyawa yang bisa menekan pembakaran kalori atau lemak di dalam tubuh.

2. Makanan yang Mengandung Lemak Berlebihan

Makanan yang Mengandung Lemak Berlebihan

Jika kita mengonsumsi makanan yang mengandung lemak atau gula yang tinggi, maka kita juga harus memperhatikan asupan makanan yang mengandung kalori lainnya. Asupan kalori juga harus disesuaikan dengan standar asupan kalori per hari yang baik untuk kesehatan.

3. Kurangnya Aktivitas

Selain itu, kita juga harus melakukan aktivitas atau bergerak dengan seimbang, sehingga kita tidak akan mengalami berat badan berlebih atau bahkan memiliki perut yang buncit.

4. Stress yang Tinggi

stress

Selain disebabkan oleh pola makan, perut buncit juga dapat disebabkan karena seseorang mengalami stres yang tinggi. Saat stres, maka seseorang akan mengalami kualitas pola tidur yang buruk. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, maka hormon kortisol akan meningkat dan memicu terjadinya penyimpanan lemak pada bagian perut.

Sebenarnya, lemak yang menumpuk di dalam perut merupakan lemak visceral yang diisi dengan kelebihan senyawa trigliserida. Hal ini dapat menyebar ke organ tubuh lainnya, seperti jantung, pankreas, hati, dan organ-organ lainnya dan akan terjadi penumpukan secara terus-menerus. Pankreas sendiri merupakan organ yang akan memproduksi hormon insulin.

Jika terjadi penumpukan lemak secara terus-menerus, maka akan terjadi ketidaksimbangan gula darah dalam tubuh. Hormon insulin yang dihasilkan tidak digunakan dengan benar. Sel dalam tubuh pun menjadi tidak menyerap glukosa yang merupakan sumber energi. Akhirnya, glukosa akan terus menumpuk. Hal ini pun akan menyebabkan resistensi insulin dan terjadilah penyakit diabetes.

Video ini akan membantu Anda lebih memahami tentang diabetes.

Oleh karena itu, tidak heran jika orang yang memiliki perut buncit akan lebih rentan terkena penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena adanya lemak yang menumpuk pada tubuh akan menyebabkan terganggunya produksi insulin dan penyerapan diabetes. Jadi, sel-sel lemak yang menumpuk diperut akan menghalangi kerja insulin yang sangat diperlukan dalam menurunkan gula darah dalam tubuh.

LIHAT JUGA: Mengecilkan Perut Buncit Dengan Minuman Detox Fiforlif

Dengan demikian, menjaga berat badan merupakan cara terbaik untuk mencegah terjadinya perut buncit, dengan memiliki berat badan yang ideal, maka kita tidak hanya terhindar dari penyakit diabetes saja, melainkan dapat terhindar dari berbagai penyakit lainnya, seperti stroke, tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan penyakit lain yang disebabkan karena berat badan berlebih.

Check Also

Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat dan terawat adalah dambaan bagi setiap wanita. Kulit yang sehat akan ...