Home / Kecantikan / Manfaat Vitamin Bagi Tubuh Manusia dan Jenisnya

Manfaat Vitamin Bagi Tubuh Manusia dan Jenisnya

Manfaat Vitamin Bagi Tubuh Manusia dan Jenisnya

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar adalah dambaan setiap orang. Tubuh yang sehat akan membuat kita lebih semangat beraktivitas dan penuh energi. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat tentu Anda harus menjaga tubuh dari berbagai penyebab penyakit. Salah satu cara untuk mencegah tubuh terjangkit berbagai penyakit adalah meningkatkan sistem kekebalan. Jika imunitas atau kekebalan tubuh kuat, Anda tidak akan mudah terserang penyakit walaupun Anda terpapar suatu bakteri atau virus. Namun jika sistem kekebalan tubuh kurang maksimal bahkan sangat rendah, penyakit tersebut bisa saja menular dan berkembang pada tubuh Anda.

Vitamin Meningkatkan Imunitas Tubuh

Salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan melakukan pola makan yang baik dan seimbang. Vitamin adalah salah satu zat gizi yang sangat berperan penting untuk membangun imunitas tubuh. Suplemen yang dijual di pasaran juga rata-rata mengandung vitamin sebagai upaya untuk meningkatkan imunitas. Selain itu, seorang pasien biasanya dianjurkan dokter untuk mengonsumsi buah dan sayur guna meningkatkan kekebalan tubuh.

Jenis-Jenis Vitamin yang Perlu Anda Ketahui

vitamin
Gambar: Jam Jenis-Jenis Vitamin

Vitamin merupakan zat gizi tubuh mikro atau zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit. Namun, apabila tubuh kekurangan satu jenis vitamin, akan menimbulkan masalah dan gangguan kesehatan. Oleh karena itu, jangan remehkan kebutuhan vitamin bagi tubuh walaupun hanya sedikit. Jenis-jenis vitamin yang diperlukan tubuh diantaranya adalah:

1. Vitamin A

Retinol atau vitamin A vitamin yang berfungsi untuk menjaga kualitas penglihatan. Sumber vitamin A diantaranya adalah kuning telur, susu, minyak ikan, mentega, wortel, dan pepaya.

2. Vitamin B1

Tiamin hidroklorida atau vitamin B adalah vitamin yang bermanfaat untuk membantu metabolisme tubuh. Sumber vitamin B1 terdapat pada telur, hati, susu, gandum, nasi dan kacang-kacangan.

3. Vitamin B2

Riboflavin atau vitamin B2 adalah vitamin yang berperan sebagai koenzim untuk membantu proses metabolisme. Sumber vitamin B2 terdapat pada kuning telur, susu, sayuran, kacang kedelai dan sebagainya.

4. Vitamin B3

Niasin atau vitamin B3 berfungsi dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah serta membantu metabolisme tubuh. Sumber vitamin B3 diantaranya terdapat pada daging unggas, hati, ikan, gandum, dan kentang.

5. Vitamin B5

Asam pantotenat atau vitamin B5 berfungsi membantu enzim untuk melakukan pemecahan nutrisi pada makanan. Sumber vitamin B5 diantaranya terdapat pada daging, hati, susu, kacang hijau, dan sayuran hijau.

6. Vitamin B6

Pridoksin atau vitamin B6 berperan dalam proses produksi antibodi dan meningkatkan imunitas. Sumber vitamin B6 terdapat pada daging, ikan, jagung, kacang-kacangan, dan beras.

7. Vitamin B7

Biotin atau vitamin B7 berfungsi untuk melancarkan proses metabolisme. Sumber vitamin B6 terdapat pada gandum, telur, wortel dan sebagainya.

8. Vitamin B9

Asam folat atau vitamin B9 sangat berfungsi untuk perkembangan janin. Sumber vitamin B9 terdapat pada semangka, bayam, hati, telur.

9. Vitamin B12

Kobalamin atau vitamin B12 berfungsi untuk membantu proses pembentukan kolagen. Sumber vitamin B12 terdapat pada jeruk semangka, tomat.

10. Vitamin D

Fungsi vitamin D adalah membantu proses pembentukan tulang. Sumber vitamin D terdapat pada susu dan keju.

11. Vitamin E

Manfaat vitamin E adalah sebagai zat antioksidan tubuh. Sumber vitamin E terdapat pada ragi, kuning telur dan ikan.

12. Vitamin K

Fungsi vitamin K adalah membantu proses pembekuan darah. Sumber vitamin K terdapat pada kacang polong, buncis, brokoli dan sayuran hijau.

 

Check Also

Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat dan terawat adalah dambaan bagi setiap wanita. Kulit yang sehat akan ...