Home / Tips Sehat / 7 Minuman Segar yang Baik untuk Detoksifikasi Tubuh

7 Minuman Segar yang Baik untuk Detoksifikasi Tubuh

7-Minuman-Segar-yang-Baik-untuk-Detoksifikasi-Tubuh

Saat ini dimana-mana terutama di daerah perkotaan mulai dari polusi udara, polusi tanah dan polusi air. Pencemaran tersebut sebenarnya terjadi karena ulah manusia yang tidak bertanggungjawab. Mereka tidak memikirkan efek jangka panjang dari perbuatan itu. Dampak jangka pendek maupun jangka panjang dari pencemaran adalah masalah kesehatan.

Lingkungan yang kumuh akan membuat penyebaran penyakit semakin mudah dan menjangkit manusia. Lingkungan memang memiliki pengaruh besar pada kesehatan tubuh. Contohnya adalah lingkungan yang mengandung banyak bahan kimia seperti di daerah pertambangan. Lingkungan ini akan menyumbang banyak zat-zat toksik yang masuk ke dalam tubuh seperti timbal, arsen, nikel, gas CO dan lain sebagainya.

Mencegah Zat Racun Dalam Tubuh

Zat Racun Dalam Tubuh

Dalam kehidupan sehari-hari, zat kimia memang tidak bisa lepas dari kegiatan manusia. Mulai dari mandi, kita sudah menggunakan berbagai produk kebersihan badan yang mengandung bahan kimia. Mencuci baju juga menggunakan detergen yang mengandung bahan kimia.

Penggunaan kosmetik dapat dipastikan juga menggunakan bahan kimia. Bahkan memasak saja juga menggunakan bahan-bahan kimia seperti penyedap rasa dan pewarna masakan. Sehingga dapat dikatakan setiap hari ada bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh kita.

Bahan-bahan kimia tersebut yang masuk ke dalam tubuh sebenarnya tidak berbahaya jika jumlahnya tidak melebihi batas normal. Namun jika zat kimia yang masuk terlalu banyak, sudah dapat dipastikan akan menyebabkan gangguan pada tubuh manusia walaupun dalam jangka panjang. Menghilangkan semua zat-zat kimia dari kehidupan kita sangat tidak mungkin.

Untuk itu, hal yang bisa kita lakukan adalah meminimalisir banyaknya zat kimia yang masuk serta melakukan detoksifikasi tubuh.

Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh dengan Minuman Segar

Detoksifikasi adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk mengeluarkan lemak-lemak jahat pada tubuh, mengeluarkan zat toksik dan beracun dari dalam tubuh. Tubuh sebenarnya sudah memiliki cara tersendiri untuk mengeluarkan racun yaitu melalui air kencing, fese, keringat maupun melalui pernafasan. Namun dengan cara itu saja sepertinya kurang maksimal untuk mengeluarkan zat-zat toksik dalam tubuh.

Anda perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan dan minuman untuk detoksifikasi. Anda juga bisa melakukan cara seperti puasa, rutin berolah raga, dan perbanyak minum air putih untuk mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Namun mengonsumsi minuman segar bisa Anda gunakan untuk membantu proses detoksifikasi. Beberapa jenis minuman yang bisa membantu proses detoksifikasi adalah:

Air lemon

Minum air lemon setiap pagi sebelum makan apa pun, bisa membantu tubuh Anda melakukan proses detoksifikasi sebelum proses metabolisme tubuh bekerja. Air lemon dapat menjaga keseimbangan air dalam tubuh melancarkan pencernaan dan membersihkan tubuh Anda dari racun-racun dan lemak jahat. Manfaat bisa Anda rasakan setelah pemakaian rutin jangka panjang.

Semangka

Buah semangka sangat kaya vitamin dan mineral. Selain itu kandungan air dalam semangka juga sangat besar sehingga baik untuk tubuh Anda. Potong buah semangka tanpa biji, kemudian cincang sampai halus lalu tambahkan dengan 4 gelas air putih. Simpan dalam kulkas agar lebih segar dan rasanya lebih enak.

Lemon dan jahe

Kombinasi kedua minuman ini bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. caranya cukup mudah yaitu siapkan setengah buah perasan lemon dan jahe yang sudah diparut. Campurkan kedua bahan ini dan tambahkan 400 ml air. Minum air ini setiap pagi sebelum makan apa pun untuk mengeluarkan racun dari tubuh dan menghilangkan rasa sakit.

Mangga dan jahe

Satu cangkir mangga cincang dan satu sendok makan jahe parut yang dicampur dengan air sangat berkhasiat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, meningkatkan proses metabolisme, serta memperlancar proses pencernaan dan mengurangi tasa sakit. Simpan minuman ini dalam kulkas sebelum Anda nikmati untuk hasil yang lebih segar.

Air jeruk

Olahan jeruk memang sangat menyegarkan dikonsumsi pada siang hari. Air jeruk juga banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Untuk proses detoksifikasi, campurkan setengah cangkir jus jeruk, daun mint, dua sendok perasan lemon dan lima irisan mentimun ke dalam 800 ml air. Simpan dalam lemari pendingin untuk menghasilkan rasa yang lebih nikmat dan segar.

Cuka apel

Cuka apel saat ini banyak dijual di apotek-apotek tanah air. Penelitian menunjukkan hasil bahwa cuka apel bisa digunakan untuk detoksifikasi tubuh. Caranya adalah dengan 2 sendok makan cuka apel, campur dengan 1 sendok makan perasan lemon dan 1 sendok teh bubuk kayu manis dan setengah irisan apel ke dalam 400 ml air.

Minuman buah

Minuman atau jus buah apa pun bisa digunakan untuk proses detoksifikasi tubuh. Namun buah stroberi dan kiwi lebih efektif untuk detoksifikasi.

Check Also

Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat dan terawat adalah dambaan bagi setiap wanita. Kulit yang sehat akan ...